Posted in Musik

Tangga Nada

Tangga Nada dalam piano

Pada gambar di bawah ini adalah tuts piano sebagaimana alur tangga nada itu berada :

Untuk supaya lebih jelas apa yang ada di gambar ini, berikut saya jelaskan apa yang telah saya utarakan dan saya ambil dari salah satu blog di internet.

Baiklah!! Selamat membaca ? 😀

CEKIDOT!!!!

Tangga nada terdiri dari 12 nada yaitu :

Nada tuts piano yang berwarna hitam memiliki dua nama. Jadi kedua nama tersebut bernilai dan berbunyi sama. Kenapa sampai dua nama? Ntar kita bahas di artikel-artikel berikutnya.

Jadi, jangan terjadi lagi seperti pengalaman saya, ada penyanyi yang minta nada dasar Dis (D#) lalu saya mainkan, pas di keyboard, yang tampil di display Es (Eb), eh dia marah-marah katanya ketinggian, karena dia kan minta nada dis bukan es, wkwkwkkk. Sedang saya sendiri waktu itu jadi bingung, di keyboard tetap aja yang ketulis Eb, saya jelasin, penyanyinya tetap aja ngotot, hehehehh, terpaksa dia saya diskualifikasi aja untuk nyanyi. Wkwkwkk

Tangga nada mayor rumusnya seperti pada gambar 1 : 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½

Untuk mudah mengingat, jarak 1 nada berarti ada 1 nada pemisah diantara dua nada yang di jarakin, sedangkan ½ nada, berarti tidak ada jarak/tepat berseblahan. Untuk piano, jarak 1 nada ditandai dengan satu tuts, sedangkan pada gitar, jarak 1 nada di tandai dengan 1 kolom/fret.

Misal tangga nada mayor untuk D = do, berarti D – E – F#/Gb – G – A – B – C#/Db – D

Coba cari tangga nada untuk nada dasar lain, dengan memperhatikan rumus jarak-jarak nada tersebut..!

 

Tangga Nada / Nada Dasar Kres =

1 # (Kres) : G = Do

2 # (Kres) : D = Do

3 # (Kres) : A = Do

4 # (Kres) : E = Do

5 # (Kres) : B = Do

6 # (Kres) : F# = Do

7 # (Kres) : C# = Do

Tangga Nada / Nada Dasar Mol =

1 b (Mol) : F = Do

2 b (Mol) : Bb = Do

3 b (Mol) : Eb = Do

4 b (Mol) : Ab = Do

5 b (Mol) : Db = Do

6 b (Mol) : Gb = Do

7 b (Mol) : Cb/B = Do

Jika memperhatikan lingkaran nada pada gambar disamping, tangga nada kres secara berurutan dari nada netral C adalah mundur 5 (lima) langkah, jadi dari C mundur 5 langkah berarti ke G (1 kres), G mundur lima langkah berarti D (2 kres). Sedangkan untuk Mol, maju/naik 5 langkah. Dari C naik 5 langkah berarti F (1 Mol), F naik 5 langkah beberati Bes (2 Mol). Begitu seterusnya sampai 7 mol dan 7 kres. Kenapa Cuma sampai 7 (tujuh) ? di artikel lanjutan akan saya jelaskan.

Saya sarankan Anda menghapal lingkaran nada tersebut, karena akan selalu terpakai sampai kapanpun. Khususnya jika Anda mentranspose sebuah lagu ke nada dasar lain.

Misal nada dasar C = do

Dominan = C

Sub Dominan = F

Median = G

Atau biasa di sebutkan di kalangan awam, nada dasar/chord C, chord tingginya ke F, rendahnya ke G. untuk memudahkan menghapal : chord dasar – chord tingginya maju/naik 5 langkah dari chord dasar, – sedangkan chord rendahnya mundur 5 langkah.

Jadi ketika bermain di nada dasar F = do, berarti chord tingginya, F naik 5 langkah berarti Bb(Bes), sedangkan chord rendahnya, F mundur lima langkah berarti C.

Bila telah menghapal lingkaran nada tersebut, praktis Anda tidak akan kebingungan lagi ketika mentranspose nada dasar sebuah lagu, tinggal hitung langkah-langkah dalam lingkaran nada tersebut saja.

Sekian dari artikel teori musik ini . Harap dimaklumi kalau ada bahasa yang kurang jelas / kurang dimengerti.

Karena saya sendiri bukanlah manusia yang sempurna (O_0)…. loh kok jadi curhat hehe :D:D.

Semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi anda, dan semua yang membacanya…

Tunggu artikel musik yang selanjutnya !!! :D:D

TERIMA KASIH!! GOD BLESS YOU….

Author:

Saya dilahirkan di samarinda, 17 Maret 1994. Promosi siapa tahu dikirimkan hadiah kan?. Memiliki kedua orang tua sudah membuatku cukup dalam menghadapi hari-hariku. Mereka sumber semangatku setiap hari. Tanpa terasa blog ini sudah berumur 4 tahun. Untuk kalian semua yang merasa terinspirasi lewat postingan saya. Bisa share dan comment demi kemajuan blog ini ya. Ohya sekedar info saya mempunyai email yang khusus buat yang perlu jasa pengetikan berbayar ya. Ini email saya : nianshop14@gmail.com

Leave a comment