Membuat sitemap web

Membuat Sitemap Web

Mempromosikan website melalui search engine adalah sesuatu yang mengasyikan dan punya tantangan tersendiri sebab kita bisa saling bersaing dengan ribuan orang yang punya keinginan sama untuk bisa menduduki halamam satu sebuah search engine. Langkah Search Engine Optimation atau yang biasa disebut SEO sangatlah banyak dan salah satunya adalah membuat sitemap situs.
Sitemap atau seringkali disebut sebagai peta situs mempunyai kegunaan untuk memudahkan situs anda di telusuri oleh search engine.

Jika halaman di situs kita sangat banyak maka struktur navigasi mempunyai peran yang sangat penting untuk menuntun search engine. Sehingga tidak ada halaman situs yang sampai terlewatkan linknya.

Sebuah sitemap adalah halaman khusus yang berisi semua link yang ada di situs kita. Dengan cara ini maka halaman di seluruh situs kita akan diindeks oleh search engine.

Lalu bagaimana cara membuat sitemap ?

Anda bisa membuat sebuah halamam halaman khusus yang berisi seluruh link yang ada di situs anda. Jika halaman sangat banyak, mungkin perlu dibuatkan beberapa halaman misalnya sitemap1.htm, sitemap2.htm, sitemap3.htm dan antar halaman ini harus saling memberikan link. Tapi cara diatas tidak saya rekomendasikan sebab kurang efisien dan telalu makan waktu. Bayangkan jika situs anda mempunyai ratusan link maka betapa repotnya anda untuk membuat sitemap web.

Cara yang sederhana adalah dengan menggunakan sitemap maker, sitemap builder atau sitemap generator yaitu sebuah software yang akan membantu anda untuk membuat sitemap situs. Banyak sekali software di internet yang bisa membantu anda untuk building sitemap. Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal memasukan nama situs yang akan anda buat sitemapnya lalu ikuti langkah-langkahnya dan hasilnya akan anda dapatkan hanya dalam hitungan detik dan anda akan mendapatkan file dalam format .XML.

Setelah anda mendapatkan hasil sitemap ini maka anda bisa segera mengupload di root directory website anda lalu mendaftarkan ke Google webmastertools atau Yahoo search .

Cara mendaftarkan sitemap ke Google dan Yahoo juga sangat mudah, masih ingat dengan tulisan saya tentang bagaimana cara mendaftarkan web anda ke search engine? ok, setelah anda buka account anda di webmastertools Google dan Yahoo maka anda bisa mendaftarkan hasil sitemap yang telah anda buat.

Bagi anda yang mempunyai web dengan CMS wordpress anda bisa menggunakan plugin Google sitemap generator dan plugin ini akan secara otomatis menyimpan file sitemap dengan format .xml di directory web.  Anda hanya perlu setting plugin google sitemap generator lalu anda tinggal mendaftarkan file dengan format .xml ke Google webmastertools.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s