Menulis itu mudah kok!!

MENULIS ITU MUDAH KOK!!

Menulis itu mudah asal kita tahu caranya, bukan asal tulis aja. Kalau asal tulis memang mudah tapi belum tentu berkualitas dan enak dibaca. Betul tidak…?

Bagi Anda yang punya blog tentu ada satu kegiatan yang harus dan paling rutin Anda kerjakan untuk blog Anda. Menulis adalah kegiatan rutin untuk memperbarui konten blog Anda, hal ini wajib dilakukan agar blog Anda senantiasa eksis, ngetrend, trafik naik dan yang pasti agar selalu up to date. Blog yang jarang diupdate lama-lama akan ditinggalkan oleh pembaca setianya karena blognya udah basi gara-gara konten yang itu-itu aja.

Menulis , selain buat keperluan ngeblog juga penting bagi Anda yang berencana membuat, menjual atau membagikan gratis sebuah ebook. Bagaimana Anda akan membuat ebook jika Anda sulit sekali untuk menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan? Repot kan?

Berikut ini saya akan berbagi seputar hal-hal teknis yang harus Anda terapkan sebelum dan pada saat Anda menulis agar tulisan Anda menjadi nyaman untuk dibaca, berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi yang membacanya.

  • Cari sumber inspirasi atau ide. Sebelum mulai menulis, Anda harus sudah memiliki ide untuk hal yang akan Anda tulis. Setelah ada ide , carilah sumber informasi untuk ide Anda. Hal ini agar Anda semakin banyak variasi kata agar pembaca lebih menikmati tulisan Anda. Anda juga bisa melakukan mirroring sumber dengan tulisan berdasarkan pemikiran Anda sendiri. Kalau Anda harus mengutip tulisan orang lain silakan dicantumkan sumbernya. Untuk mencari sebuah sumber ide dan mirroring, Anda bisa menemukannya di artikel direktori atau blog-blog lainnya. Silakan googling dengan kata kunci artikel direktori dan http://blogsearch.google.co.id untuk mencari blog sumber ide.
  • Segera Tulis Apa Yang Anda Pikirkan. Ketika Anda menulis, tuangkan imajinasi dan pikiran Anda dan segera tuliskan. Intinya pada saat Anda menulis, pasti Anda akan berimajinasi dengan pikiran mengenai ide yang akan ditulis. Nah…apa yang muncul saat Anda menulis, segera tuliskan dalam bentuk draft yang kemudian bisa Anda sesuaikan struktur dan susunan kosakata nya. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda tidak kehilangan apa yang telah Anda pikirkan saat menulis.
  • Edit Hasil Tulisan Anda. Setelah menyelesaikan tulisan Anda, silakan edit kalimat – kalimat yang masih kurang sempurna seperti ejaannya, susunan kata dan link-link yang Anda sertakan agar tidak terjadi broken link dan pastinya pembaca akan merasa nyaman membaca tulisan Anda.
  • Finishing Hasil Tulisan Anda. Baca seluruh hasil tulisan dan posisikan diri Anda sebagai orang lain dalam membaca. Hal ini untuk menilai sejauh apa hasil tulisan dan pengeditan terutama pada inti pokok yang dibahas dan susunan pembahasan apakah sesuai dengan alurnya atau tidak. Kan aneh jika tulisan Anda melompat-lompat tidak beraturan, hal ini justru akan membingungkan dan tidak nyaman untuk dibaca. Yang penting dalam finishing hasil akhir dan penyempurnaan adalah maksud yang Anda sampaikan dalam tulisan tersebut jelas, ringan, sederhana, padat dan terarah.

Terapkan hal teknis ini pada setiap kali Anda menulis baik itu untuk blog Anda atau ebook yang akan Anda buat, meskipun pada saat pertama kali memulai menulis sebuah tulisan terasa sulit, tapi jika Anda berlatih secara terus menerus maka Anda akan semakin terbiasa dan lebih lepas dalam menulis. Alhasil waktu yang Anda perlukan dalam menulis akan semakin singkat.

Bagaimana dengan Anda? Sudah lebih plong dalam memulai menulis? Atau Anda ingin menambahkan sebuah tips dan trik seputar menulis? Silahkan bagikan di sini.

Semoga Bisa Bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s