3 Kiat menjadi Programer Handal

3 Kiat menjadi Programmer Handal

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer? baik System Programmer ataupun Web Programmer. Pada dasarnya sama saja antara programming berbasis web dengan programming berbasis system atau under OS (Operating System). Programmer yang baik dan tentunya memiliki skill coding yang rapi sehingga sangat mengoptimalkan code-code yang ia buat (code optimization) dan setiap sintaks selalu diberikan komentar, tak lain untuk menjaga agar mudah dibaca dan lebih mudah menemukan bug yang terdapat pada program.

Apa saja yang harus dikuasai?
1. Kuasai Algoritma (urutan event/kejadian)
Dengan menguasai Algoritma, maka program yang dibuat pun akan terstruktur dan tidak berbelit-belit. Algoritma sangat penting oleh karena ia merupakan pokok dari rancangan program dan alur program. Buat sebuah bagan alur (flow chart) setiap membuat program yang akan dibuat. Hal ini akan membantu dalam menyelesaikan masalah dan proses yang tidak berbelit-belit.

2. Berfikir yang logis dan masuk akal
Komputer selalu bekerja tanpa lelah dengan perhitungan dan kondisi sesuai dari user yang memerintahkannya. Cara kerjanya pun sama dengan manusia. Anda harus bisa berfikir logis dan mengerti setiap alur program yang dibuat. Tidak perlu menguasai matematika, cukup kuasai aljabar logika.

3. Kuasai Salah Satu Bahasa Pemrogramman
Misalkan Anda lebih menyukai BASIC, maka teruslah mencoba merakit program dengan bahasa BASIC. Tapi saran Saya yaitu lebih diutamakan belajar dari bahasa pemrograman BASIC ataupun PASCAL. Apabila Anda mulai jenuh, Anda dapat mempelajari Bahasa lainnya seperti C/C++, Java, Pascal, PHP, JSP, ASP, JavaScript dan lainnya. Anda tidak harus menghafal seluruh sintax dari suatu bahasa pemrograman, yang diperlukan cukup beberapa keyword. Tidak mungkin kan Anda hafal seluruh keyword yang fungsinya dan jumlahnya puluhan bahkan ratusan?

Dengan bermodalkan tiga skill diatas, dapat dipastikan Anda dapat menjadi seorang programmer yang bisa dengan mudah memecahkan suatu masalah dengan menerjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa mesin atau bahasa kerennya “encoding”. Teruslah berlatih dan buat sebuah karya yang bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s