Pesawat Atraksi Jatuh di Dekat Penonton, 9 Tewas

 

TEMPO Interaktif, Los Angeles – Sebuah kecelakaan pesawat terjadi dalam pameran dirgantara di Reno, Nevada, Amerika Serikat, Kamis, 15 September 2011 waktu setempat. Akibat kecelakaan tersebut, sembilan orang tewas dan 50 orang lainnya luka.

Wakil Kepala Kepolisian Kota Reno, Dave Evans, mengatakan jenazah pilot ditemukan di tempat pameran itu–National Championship Air Show–di padang pasir di luar Reno. Adapun delapan dari mereka yang terluka dalam keadaan kritis.

Peristiwa nahas ini terjadi ketika pesawat P-51 Mustang yang dikendalikan Jimmy Leeward, 74 tahun, kehilangan kendali ketika sedang melakukan atraksi. Sebuah video amatir yang menangkap momen pesawat itu merekam saat pesawat tempur dengan satu kursi dari tahun 1940-an yang disebut “Galloping Ghost”, meluncur dan menghantam lokasi tak jauh dari pembatas bagi penonton.

“Pesawat itu jatuh ke arah kami, aku melihat sayapnya patah dan terbang ke arah penonton,” kata Ryan Harris, salah seorang penonton.

Pesawat tersebut nyaris jatuh di lokasi yang terdapat banyak orang. Dave menambahkan bahwa “sangat tidak mungkin” pesawat itu memiliki kotak hitam, tapi memastikan laporan yang menyebutkan bahwa sebuah potongan pesawat itu mungkin jatuh sebelum kecelakaan terjadi.

Pesawat ini dikendalikan oleh pilot veteran Jimmy Leeward, 74 tahun. Jimmy kerap menjadi pilot pengganti (stunt pilot) dalam film-film Hollywood. Dia tewas di tempat kejadian.

Juru bicara Dewan Keamanan Transportasi Nasional Terry Williams membantah penyelenggara acara bahwa tragedi ini terjadi karena ada masalah mesin di pesawat itu. Menurut dia, terlalu dini menyimpulkan kecelakaan ini. Dewan Keamanan Transportasi Nasional tengah menyelidiki peristiwa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s