Tips Menghemat Baterai Ponsel

Anda sering kesal dengan ponsel anda? Ketika sedang menerima telpon tiba-tiba baterai ponsel cepat habis. Pasti anda sering mengalami hal tersebut. Ternyata, fakta menunjukkan bahwa kebanyakan baterai ponsel habis dayanya bukan karena sering digunakan untuk menelpon, tapi tersedot bagi fitu-fitur yang ada dalam ponsel, ada beberapa tips berikut ini untuk menghemat pemakaian baterai ponsel anda :

Kurangi Volume

Sedang mendengarkan musik atau lagu favorit kamu, baik dari mp3 maupun video, dengan suara/volume keras bisa mengurangi daya baterai, so pelankan volumenya agar daya baterai tetap awet. Agar lebih hemat lagi, bisa dengan mematikan fitur multimedia tersebut.

Lampu Layar Diredupkan

Jika anda berada di dalam ruangan gelap maupun terang, redupkanlah lampu layar ponsel anda, cara ini cukup efektif untuk menhemat pemakaian baterai ponsel anda. Lagipula, lampu layar di ruangan minim pencahayaan tidak terlalu penting. Lampu utama dalam ponsel sudah cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.

Cek Email Secara Manual

Layanan push email banyak dijumpai pada ponsel pintar jaman sekarang ini, tapi justru disinilah baterai lekas lemah dan banyak menyedot energi. Ada baiknya anda menonaktifkan layanan push email dan menggantinya dengan membuka email secara manual agar kondisi baterai anda tetap terjaga dengan prima.

Jaringan Nirkabel Dinonaktifkan

Coba cek ponsel anda, apakah layanan bluetooth ataupun Wi-fi masih menyala? Kalau iya berarti baterai anda dalam posisi yang terkuras energinya karena layanan tersebut. Ada baiknya apabila tidak digunakan, matikan bluetooth dan Wi-fi ponsel anda.

Periksa Baterai secara Kontinyu

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek baterai anda. Misalnya Baterai Go dan Baterai Life, kedua aplikasi ini memberi informasi energi baterai yang tersisa. Dan juga untuk pemakai Blackberry, perlu memakai NBBatStat untuk memonitor energi baterai BB dan temperatur panasnya.

Sumber : Pusatteknologi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s