Menjadi komunikator yang baik

Komunikator baik dapat diciptakan

 

Ronald Reagan, Presiden AS ke-40, dikenal sebagai “komunikator ulung”. Ia membuat salah satu pernyataan yang paling terkenal pada saat berpidato di Gerbang Brandenburg, Berlin Barat, Jerman, pada tanggal 12 Juni 1987. Pada saat berpidato, Presiden Reagan memberikan tantangan berikut:

 

“ Sekretaris Jenderal Gorbachev, jika anda menginginkan perdamaian, jika anda menginginkan kemakmuran untuk Uni Soviet dan Eropa Timur, jika anda menginginkan liberalisasi: Datanglah ke gerbang ini! Tuan Gorbachev, buka gerbang ini! Tuan Gorbachev, runtuhkan tembok ini!”

Menariknya, pernyataan “runtuhkan tembok ini” ditentang keras oleh ahli kebijakan luar negeri Washington yang meminta Presiden agar tidak mengatakannya. Pada akhirnya, permintaan diabaikan dan Reagan pun memasukkannya ke dalam pidato. Pada tanggal 9 November 1989, batas yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur dibuka, dan tembok pun runtuh. Keruntuhan Tembok tersebut selamanya akan dikenang sebagai akhir dari Perang Dingin yang dianggap sebagai pencapaian terbesar Reagan sepanjang kariernya sebagai presiden.

Lihatlah kembali beberapa komunikator yang baik, seperti Reagan, Marthin Luther King Jr., dan John F. Kennedy. Apa yang menjadikan mereka komunikator yang hebat? Bukan karena mereka orator yang hebat, memiliki gigi yang cemerlang, rambut yang sempurna, atau kemampuan menulis yang tanpa cacat. Mereka memiliki hal-hal berikut:

  • Keberanian. Mereka tidak takut berseberangan dengan status quo dan menentang hal-hal yang bersifat konvensional.
  • Berpendirian. Mereka meyakini pendapat mereka dan menginginkan orang lain mengetahui sudut pandang mereka.
  • Kebijaksanaan. Mereka mengetahui inti permasalahan dengan baik dan dapat mempertahankan idenya dengan efektif.
  • Kejelasan. Pesan mereka sederhana, ringkas, dan mudah dipahami.
  • Kredibilitas. Mereka dipercaya oleh orang lain dan menguasai pembicaraan.

Keberanian. Berpendirian. Kebijaksanaan. Kejelasan. Kredibilitas. Lima faktor yang amat penting, tidak peduli apakah anda bicara di hadapan ratusan orang, menulis laporan untuk atasan, atau memimpin rapat orang tua murid. Lima faktor yang merupakan dasar bagi seseorang yang dapat menyampaikan maksudnya dengan efektif.

Orang tersebut bisa saja Anda!!

Artikel ini  akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam menyampaikan maksud pada berbagai situasi kerja, termasuk memimpin rapat, persentasi mengadakan wawancara, dan memberikan umpan balik. Anda akan mendapatkan beberapa saran praktis dan tip menjadi komunikator yang efektif. Tip-tip berikut ini digabung dengan keberanian, pendirian, kebijaksanaan, kejelasan, dan kredibilitas anda, dapat menjadikan anda komunikator ulung yang mengkomunikasikan hal-hal yang hebat dan yang mengetahui cara menyampaikan maksud anda dalam berbagai situasi.

Anda siap?

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s