Mengenal Kecerdasanmu

MENGENAL KECERDASANMU

Halo sobat cyberner’s semua! Apa kabar?? Kalo saya selalu baik Amin J. Posting kali ini mungkin agak berbau ke psikologi ya. Gimana kalo kita share tentang kecerdasan?. Setiap manusia pasti dianugrahkan oleh Tuhan suatu kecerdasan yang berbeda-beda tergantung dari kemampuan mereka dalam mengolah pikiran mereka dengan tindakan yang mereka lakukan tentunya.

Pada kali ini saya akan membahas tentang kecerdasan majemuk. Apa sih kecerdasan majemuk itu?. Setelah saya menemukan hal ini dari seseorang yang menemukan kecerdasan jenis ini yaitu, Howard Gardner, seorang psikolog di Harvard School of Education, yang sedang bereksperimen terhadap orang dewasa yang terkena stroke dan mengalami gangguan serius di otak serta sistem sarafnya namun, mereka tetap dapat melakukan hal-hal yang mengesankan. Misalnya, walaupun penderita stroke tidak dapat mengingat nama seseorang lebih dari sepuluh detik, beberapa dari mereka dapat dengan jelas mengingat kejadian yang telah berlangsung 30 tahun sebelumnya. LUAR BIASA BUKAN? Kemampuan otak kita tidak hanya bisa diukur dalam sekali tes IQ. Ia berteori, bahwa otak sebenarnya berisi kecerdasan yang beraneka ragam. Dalam bukunya yang fenomenal, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences, pertama diterbitkan tahun 1983, ia menawarkan 7 kecerdasan : bahasa, music, matematika-logis, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal. Tahun 1995, ia mengumumkan adanya kecerdasan yang kedelapan, yaitu naturalis. Model ini diharapkan akan terus tumbuh dan berkembang.

Baiklah, sobat cyber’ners(sebutan kawan) sambil mungkin anda dengar music, atau bersantai , saya akan menjelaskan tentang 8 kecerdasan yang dikemukakan oleh sang penemu ini :

  1. Kecerdasan Bahasa. Kamu menikmati membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dan semua itu kamu lakukan dengan mudah. Kamu senang menghafal informasi dan memperluas perbendaharaan kata, dan kamu mungkin merupakan pendongeng yang andal.
  2. Kecerdasan musik. Kamu dapat merasakan adanya nada, komposisi, dan irama tertentu dalam berbagai benda yang tampaknya tak memiliki hal-hal itu sama sekali. Contohnya adalah kicauan burung, bunyi jangkrik, atau bahkan musik yang orang tua kamu bisa dengarkan. Kamu dapat mendengar bunyi nada dan tinggi/rendahnya suara. Selain itu, mungkin kamu lihai dalam memainkan atau lebih alat music, dengan cara hanya mendengar saja atau dengan bimbingan. Kemungkinan besar kamu sangat menyenangi  berbagai jenis musik.
  3. Kecerdasan matematis-logis. Kamu secara naluriah mengkategorisasi berbagai barang dan lihai menghitung,  sering kali di kepala. Angka dan konsep matematika sangat mudah bagi kamu. Kamu juga sangat menyukai permainan asah otak, puzzle permainan, dan computer.
  4. Kecerdasan Visual-spasial. Kamu dapat langsung tahu jika sebuah bangunan (atau lukisan atau seseorang) tidak terlalu simetris. Jika kamu seorang atlet, kamu akan dapat memperkirakan secara tepat sudut yang diperlukan untuk membuat gol dalam permainan hoki atau memasukkan bola dalam permainan basket. Kamu bisa membayangkan dari segala sisi bentuk-bentuk yang sulit dalam pikiraanmu dan menggambarkan apa saja yang kamu lihat. Kamu lihai dalam hal bongkar-pasang sesuatu dan kamu menyenangi permainan.
  5. Kecerdasan Kinestetik. Kamu lihai dalam menggunakan dan memanipulasi suatu benda, serta mampu menggerakan tubuh dengan anggun dan mudah kamu suka melatih tubuhmu agar tetap  bugar, dan bias menirukan gerakan dengan baik. Kamu bisa jadi berbakat pada satu jenis keterampilan atau lebih, misalnya memahat, menjahit, menenun, dan membuat pot.
  6. Kecerdasan Interpersonal. Kamu memahami orang dengan mudah, dengan cara menganalisis suasana hati dan perasaan mereka. Kamu adalah pemimpin alami dan mediator andal; kamu dapat melerai pertengkaran di antara dua temanmu dan tetap berteman baik dengan mereka berdua.
  7. Kecerdasan interpersonal. Kamu memahami dirimu sendiri dengan sangat baik. Kamu sangat yakin akan perasaan-perasaan, impian dan pikiran-pikiranmu. Kamu juga setia pada cita-citamu. Orang boleh jadi mengatakan bahwa kamu “lain daripada yang lain” Kamu suka membuat catatan harian. (Apakah kamu membuat catatan sementara membaca buku ini?).
  8. Kecerdasan naturalis. Kamu merasakan keterkaitan yang mendalam dengan alam dan seisinya, baik tanaman maupun hewan. Kamu suak bereksperimen dan mengamati alam terbuka, dan kamu mungkin andal dalam berkebun atau memasak.

Bagaimana, dengan kalian semua ?? masuk di nomor berapa ?? heheh🙂. Segini aja postingan saya kali ini sobat cyber’ners, terima kasih !

One thought on “Mengenal Kecerdasanmu

  1. Macam-macam kecerdasan majemuk diatas bisa saja dimiliki oleh seorang individu. Tetapi dalam teori kecerdasan majemuk, ada kalanya hanya satu atau beberapa saja yang menonjol. Yang menjadi perhatian adalah, bagaimana seseorang bisa mengembangkan kecerdasan majemuk yang ada tersebut. Ini merupakan tantangan bagi orang tua ataupun pendidik agar dapat mendeteksi kecerdasan pada anak untuk lebih mengembangkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s