9 Tips untuk Merawat Baterai Laptop Tetap Awet

li-ion-laptop-battery

Jika anda seharian memakai laptop untuk melakukan berbagai kegiatan diantaranya bisnis, ngerjain tugas kuliah, internetan, atau sekedar bermain game. Namun tidak mengerti cara merawat baterainya?.
Ini akan membuat baterai tidak bekerja secara maksimal atau bisa drop.

Tenang saja, saya sudah punya tipsnya. Jadi anda tinggal ikuti oke🙂.

Tips tersebut adalah :

1. Isi baterai sampai penuh
Jika baterai masih baru ataupun penggunaan pertama kali, maka usahakan isi baterai secara normal dan penuh. Selain itu, jangan biarkan baterai laptop atau netbook sampai kosong. Sebelum baterai habis dan laptop mati, Anda harus segera mengisi baterai itu sampai penuh. Ini akan membuat batarai anda lebih awet.

2. Hindari over charging
Terlalu lama mengisi baterai bisa membuat baterai anda tidak tahan lama saat digunakan. Jika sudah penuh, maka Anda harus segera mencabutnya agar baterai tetap awet.

3. Charge baterai secara rutin
Mengisi baterai secara rutin dan teratur tanpa harus menunggu baterai sampai habis bisa membuatnya lebih tahan lama dan juga awet.

4. Jaga suhu baterai
Pastikan juga suhu baterai tidak terlalu panas. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Untuk itu, pastikan laptop mendapat ventilasi yang cukup saat digunakan. Jangan pernah meletakkan laptop yang menyala di atas bantal, apalagi jika ventilasi laptop berada di bawah. Dan juga hindari benda yang menutup ventilasi sirkulasi udara di laptop anda karena sirkulasi yang terhambat bisa merusak laptop anda juga.

5. Menggunakan coolpad
Usahakan menggunakan coolpad saat laptop dipakai. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara tetap lancar. Dengan menggunakan coolpad, bagian tertentu laptop bisa menjadi lebih dingin karena terkena kipasnya.

6. Hindari penggunaan lama
Jika Anda menggunakan laptop atau netbook lebih dari 6 jam, maka lebih baik dilepaskan saja baterainya. Menggunakan laptop dan baterainya dalam jangka waktu lebih dari 6 jam bisa membuat baterai laptop cepat bocor.

7. Simpan di tempat yang sejuk
Anda juga harus menyimpan baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering. Jangan membiarkan baterai Anda menganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali, Anda bisa memakai baterai tersebut agar tidak kehilangan kapasitasnya.

8. Menggunakan software pembantu
Anda bisa menggunakan software pembantu untuk kinerja baterai laptop atau netbook, seperti battery care, HP battery checker, battery optimizer, dan lain sebagainya. Perlu diketahui juga bahwa semakin teraang layar Anda, akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Itulah tips yang bisa diberikan agar Laptop Baterai atau Batere Laptop bisa awet. Dengan menerapkan tips di atas, setidaknya Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli baterai laptop .

Sekian dari artikel saya ini semoga bermanfaat bagi anda🙂

9. Bersihkan Laptop secara teratur

Banyak pengguna laptop yang malas membersihkan laptopnya. Hal ini seringkali membuat lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu dll. Tersumbatnya lubang ventilasi ini membuat laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja ini membuat baterai laptop Anda lebih cepat habis. Untuk menghindarinya, pastikan Anda rajin membersihkan laptop terutama di daerah lubang ventilasinya.

 

SUMBER : dari blog online

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s