7 Hal yang menghalangi ingatan anda

7 Hal yang menghalangi anda untuk mengingat

Apakah anda mudah lupa? Hmm, tentunya hal tersebut membuat perasaan anda terganggu bukan? zaman sekarang mudah lupa tidak hanya dialami oleh kaum lansia, anak muda pun bisa terkena penyakit yang mengerikan ini. Apa penyebabnya? tentunya kita harus tahu apa yang menghalangi kita untuk mengingat sesuatu, disini saya akan beritahu 7 penyebab yang mempengaruhi pikiran anda selama ini :

1. Kadar gula dalam darah tinggi

Gula darah anda yang tinggi bisa mempengaruhi penyimpanan memori dalam otak anda. Terkadang, kita tidak menyadari akan hal tersebut. Kita hanya mengira bahwa kejadian lupa ini mungkin hanya kebetulan. Periksakan ke klinik jika anda punya masalah tersebut. Tidak hanya periksa, anda juga harus menjaga pola makan yang baik setiap hari. Dengan kadar gula yang sesuai dengan yang tubuh anda perlukan dan tidak kelebihan.

2. Kurangnya Istirahat

Otak mengandalkan aktivitas tidur untuk menyimpan memori baru. Dalam sebuah penelitian, responden yang tidur enam jam setiap malam selama dua minggu mungkin tidak merasa kurang tidur. Namun, setelah dilakukan tes memori secara substansial, hasilnya mereka sulit mengingat memori jangka pendek.

Pertajam daya ingat Anda dengan membuat prioritas istirahat yang cukup. Jika Anda tidak bisa, coba lakukan tidur pendek selama enam menit saat tubuh terasa lelah. Cara ini bisa meningkatkan kinerja dan memicu proses memori penting dalam otak.

3. Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur atau kita sebut ngorok saat tidur ini merupakan terblokirnya saluran napas anda, sehingga memotong oksigen selama beberapa detik pada suatu waktu dan menyebabkan sel-sel otak kurang mendapatkan oksigen yang sangat berguna untuk membangun sel-sel otak yang .

Menurut penelitian, pria sangat sering mendengkur dibandingkan wanita. Faktornya, bisa karena kelebihan berat badan atau usia yang sudah mencapai 40 tahun.

Nah, jika anda sudah mengetahui bahwa anda sering mendengkur. Periksanakan ke klinik. Kebiasaan ini bisa diatasi jika memang bisa anda ikuti saran dari dokter.


4. Metabolisme menurun

Jika hal ini terjadi, kemungkinan Anda memiliki masalah tiroid. Hormon tiroid mengontrol metabolisme tubuh. Bila produksinya terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengganggu sel-sel otak, yang dapat memperlambat masuknya informasi ke otak. Solusi: tak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi masalah ini.

5. Usia lebih dari 65 tahun

Di usia ini, manusia akan lebih sulit untuk menyerap vitamin B12 dari makanan. Kekurangan B12 serius dapat menyebabkan penyakit Alzheimer atau pikun. Karena itu, seiringnya bertambah usia, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara meningkatkan asupan B12, misalnya dengan suplemen. Selain manula, penganut vegetarian juga seringkali kekurangan vitamin B12.\

6. Mengalami depresi

Penderita depresi berat juga mengalami gangguan pada sel-sel otak. Bahkan, ketika depresi berlangsung, ada kemungkinan kondisi ini bisa membunuh sel-sel otak, sehingga menyebabkan daya ingat ‘merosot’.

Solusinya, segera cari pengobatan. Pasalnya, makin banyak sel-sel otak yang ‘hilang’, daya ingat akan makin sulit ditingkatkan.

8. Terlalu banyak konsumsi obat

Jika mengonsumsi lima atau lebih obat, Anda berisiko tinggi mengalami gangguan daya ingat. Karena itu, pastikan dokter tahu semua obat yang Anda konsumsi. Jika sebuah iklan farmasi tampak menggiurkan, jangan langsung tergoda. Sebaiknya minimalkan konsumsi obat bebas atau hanya konsumsi obat sesuai dengan resep.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s