5 Tips untuk Memainkan Keyboard

keyboard canggih

 

 

 

 

 

 

 

Keyboard merupakan alat musik tekan yang memiliki harmonisasi yang baik dibandingkan alat musik yang lain.  Semua suara komplit ada semua di alat musik ini. Mulai dari suara biola, saxophone, trumpet, bass, gitar, drum sampai perkusi pun ada dalam alat musik ini. Berbeda dengan piano tentunya, yang suaranya emang standar piano namun kalau piano kan memiliki 88 tuts sedangkan keyboard rata-rata kurang dari itu . Tips ini mungkin bisa membantu anda mengasah kemampuan anda dalam bermusik.

 

FINGERING
Soul of Fingering

Latihan ini sangat penting untuk mengasah otak kiri dan kanan anda sehingga, dapat seimbang antara keduanya. Sebagai seorang musisipun latihan ini sangat diperlukan dalam pemanasan untuk memulai suatu pertunjukan konser. Soul of Fingering maksudnya kita tidak hanya belajar do re mi fa sol la si do seperti dasarnya. Tapi kita harus menjiwai nada-nada dalam tuts itu sehingga akan tumbuh yang namanya feeling atau perasaan yang bisa menebak kemana arahnya chord tersebut. Tapi kita harus menjiwai nada-nada dalam tuts itu sehingga akan tumbuh yang namanya feeling atau perasaan. Maka, dengan demikian menebak kemana arahnya chord tersebut.
TOUCHING
legato-staccato, phrasing, dynamics and enjoying, Touch of the notes.

Dalam permainan keyboard , seseorang harus mengerti maksud dia memainkan keyboard itu untuk apa? Harus ada interpretasi yang jelas untuk menjadi seorang musisi. Kebanyakan orang hanya memainkannya namun tidak memiliki makna yang jelas. Musik itu harus keluar dari hati kita, tidak dipaksakan. Tergantung kenyamanan kita dalam memainkannya sehingga ada tekanan-tekanan tertentu ketika kita menekan tuts-tuts keyboard . Kita mengetahui di mana kita harus bisa main keras atau lembut. Bermain dengan ada tekanan atau nyambung atau putus-putus dan atau dengan aksen yang tepat. Ada dinamika, feeling dan enjoying.

RHYTHM dan TEMPO
Latihan untuk rhythm and tempo ini ditujukan untuk supaya, kita sebagai musisi, ini mencakup untuk semua instrument. Baik sebagai pemain drums, bass, guitar, percussions atau juga piano dan keyboard. Kita perlu mengetahui notes, ketukan & rhythm pattern. Kita perlu pahami juga tentang tempo yang benar.

Rhytmic dalam bermain musik (comping). Ada soul atau groove dalam bermusic. Harus ada “nyawa” dalam kita bermain dalam 1 band. Kita harus tau juga tentang TIME SIGNATURE (lagu itu dimainkan dalam ketukan 2/4, 3/4, 4/4, 3/8, 6/8, dll).

HARMONY
Chords progression, voicing and accompaniment.

Latihan untuk harmony ini ditujukan untuk supaya kita bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chords yang kita pakai dalam sebuah lagu. Mengembangkan juga bunyi yang dihasilkan dari chords yang kita mainkan.

Dan juga untuk memperluas cara kita bermain dalam konteks kita mengiringi seorang penyanyi atau jemaat. Karena dengan kita bermain dalam harmonisasi yang bagus, maka akan tercipta suatu kesatuan yang baik. Dengan mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, kita dapat membuat aransemen yang pasti bisa lebih enak. Mengetahui posisi kita sebagai musisi, lebih sebagai pengiring!

READING
Latihan ini lebih ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Diharapkan mereka di kemudian harinya bisa untuk membaca partitur not balok atau combo part. Mereka mengenal Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Mereka mengetahui tentang KEY SIGNATURE (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam bermusik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s