Posted in Komputer

Sejarah Komputer

Saat ini, komputer digunakan hampir semua bidang kehidupan, padahal benda ini belum lama ada. Seratus tahun yang lalu, mesin hitung sudah digunakan, tetapi baru di akhir tahun 1930-an, komputer elektronik muncul. Komputer pertama adalah mesin besar yang dirancang untuk laboratorium, industri, dan pertahanan. Sejak tahun 1974, orang bisa memiliki komputer di rumah mereka.

mac25-2
Apple Macintosh atau Mac, adalah komputer pertama dengan fitur layar desktop dan icon
  • Skala Waktu Komputer

1822-Charles Babbage

Charles Babbage (matematikawan dan penemu) merancang mesin diferensial yang akan memekanisasi berbagai jenis kalkulasi. Babbage juga menciptakan ‘Mesin Analisis’ (komputer menurut standar saat ini). Namun, pembuatannya tidak pernah selesai.


1890-Sensus AS

Dibutuhkan tujuh tahun untuk menganalisa hasil sensus AS tahun 1880. Herman Hollerith lalu mematenkan ‘Hollerith Census Tabulator’, tahun 1884, yang menganalisa hasil sensus tahun 1890 dalam 6 minggu.


1937 – Komputer yang bisa diprogram 

Howard Aiken dari Universitas Harvard berkolaborasi dengan IBM untuk membuat ‘Harvard Mark 1’. Setelah mengadakan percobaan dengan sirkuit relay elektromagnetis dan tabung vakum, Aiken berhasil membuat komputer sederhana.


1941 – Konrad Zuse

Insinyur Jerman, Zuse membuat komputer modern pertama yang dikendalikan program dan menggunakan binary form. 


 

 

Advertisements

Author:

Saya dilahirkan di samarinda, 17 Maret 1994. Promosi siapa tahu dikirimkan hadiah kan?. Memiliki kedua orang tua sudah membuatku cukup dalam menghadapi hari-hariku. Mereka sumber semangatku setiap hari. Tanpa terasa blog ini sudah berumur 4 tahun. Untuk kalian semua yang merasa terinspirasi lewat postingan saya. Bisa share dan comment demi kemajuan blog ini ya. Ohya sekedar info saya mempunyai email yang khusus buat yang perlu jasa pengetikan berbayar ya. Ini email saya : nianshop14@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s