Posted in Artikel, Tips Kesehatan

Apa manfaat push up untuk tubuh?

Punya badan ideal seperti model siapa sih yang ngga mau? Namun sayangnya, banyak dari Anda  yang hanya menjadikannya sebagai keinginan saja tapi malas menjalankan prosesnya, apalagi untuk olah raga!

Ayo dong jangan malas. Sebenernya, olahraga dapat dilakukan dengan mudah di mana pun kok. Saya sendiri  sering melakukan hal kecil yang dapat melatih otot setiap hari, seperti push up, sit up, squad, dan jalan cepet. Nah, dari berbagai gerakan tersebut sepertinya push up menjadi salah satu kegiatan yang banyak dan sering orang lakukan, ya! lihat saja dari kecil Anda mungkin sudah dilatih push up ketika sedang kena hukuman waktu di sekolah. Ternyata manfaat push up untuk kesehatan tubuh lumayan banyak lho, seperti membuat penampilan fisik menjadi terlihat lebih menarik pastinya.

Manfaat Push up

Push up adalah salah satu jenis olahraga atau kegiatan yang khusus melatih kekuatan dan ketahanan tubuh. Lebih tepatnya sih, push up termasuk olahraga ketahanan isometrik, Tahu nggak apa itu isometrik? Gerakan tersebut dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak untuk memicu kontraksi pada otot – otot di tubuh. Olahraga seperti ini dapat melatih melatih kekuatan tubuh bagian atas, terutama di bagian dada, punggung, perut, dan lengan. Tidak hanya itu manfaat push up juga dapat melatih keseimbangan tubuh dan dapat membuat jantung lebih sehat.

Apa hal menarik dari manfaat melakukan latihan push up? Sebenarnya bagi saya sih ada banyak manfaat push up, tapi yang sering saya alami sendiri adalah seperti dibawah ini;

  • Menjaga kesehatan otot dan juga tulang. Push up sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan otot dan tulang bagian dada, apalagi dilakukan saat masa puberitas atau diumur 20 tahunan. Kenapa penting? Setiap tahunnya manusia umunya akan kehilangan setidaknya satu persen kekuatan otot dan tulang. Oleh karena itu Anda perlu melakukan olahraga yang melatih dapat kekuatan tersebut seperti push up.
  • Membentuk otot tubuh bagian atas. Seperti yang tadi sudah saya katakan, gerakan push up lebih banyak menggunakan otot bagian atas, yaitu pada bagian tricep (otot bagian luar lengan atas) dan dada. Meski hanya terfokus pada tubuh bagian atas, manfaat push up yang juga bisa Anda rasakan adalah dapat memperkuat bagian tubuh lainnya, kenapa? Karena pada saat Anda melakukan gerakan push up dengan cara yang benar, maka bagian otot dari atas hingga kaki akan ikut aktif juga.
  • Mengencangkan anggota tubuh lainnya. Dengan melakukan gerakan push up sebanyak 3 set, yang pada 1 set nya dapat dilakukan 12-15 kali dalam sehari dan ditunjang dengan gerakan lainnya, dapat membantu Andamengencangkan bagian tangan, otot perut, bokong, dan kaki, sehingga jika dilakukan secara rutin badan Anda akan terlihat proposional dan ideal.
  • Melatih otot jantung. Banyak orang yang berpikir bahwa push up itu hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi lebih besar? Hmm… which is hal ini memang tidak salah sih, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu, dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot tubuh bagian dalam seperti otot jantung. Faktanya saya sendiri yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang kuat. Awalnya saya sering cepat lelah ketika melakukan push up, namun sekarang saya dapat melakukan sebanyak 100 kali dalam sehari, bahkan mungkin lebih. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat. Hal ini juga membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik. Jadi coba deh rutin push up kalau ingin jantungnya lebih sehat.

Awalnya, sebelum melakukan push up Anda harus menyesuaikan cara push up yang benar dengan kekuatan Anda supaya jangan sampai memaksakan diri untuk mendapatkan hasil lebih cepat. Sebaiknya lakukan secara berkala. Inilah hal menarik dari manfaat push up bagi kesehatan tubuh. Silahkan dicoba ya, siapa tahu Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih ideal dan proposional.

Advertisements

Author:

Saya dilahirkan di samarinda, 17 Maret 1994. Promosi siapa tahu dikirimkan hadiah kan?. Memiliki kedua orang tua sudah membuatku cukup dalam menghadapi hari-hariku. Mereka sumber semangatku setiap hari. Tanpa terasa blog ini sudah berumur 4 tahun. Untuk kalian semua yang merasa terinspirasi lewat postingan saya. Bisa share dan comment demi kemajuan blog ini ya. Ohya sekedar info saya mempunyai email yang khusus buat yang perlu jasa pengetikan berbayar ya. Ini email saya : nianshop14@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s