Keterampilan bersosialisasi

Mempertinggi keterampilan bersosialisasi

    Pada saat ini saya akan menyajikan saran konkret dimana anda dapat mengembangkan keterampilan berpikir sosial Anda, sehingga kehidupan anda dapat berubah dari sebuah pulau menjadi kepulauan yang ditentukan oleh kekayaan hubungan anda dengan orang lain.

  • Gagasan Sosial

Kita terus menerus menggunakan peta sosial ini untuk merekam kesan awal kita terhadap orang lain, menjelaskan tindakan orang, dan meramalkan perilaku mereka di masa depan. Dengan sendirinya kita cenderung terkejut bila menyaksikan ada lansia mengenakan seragam bisbol dan berdansa gila-gilaan di atas meja restora eksklusif sebab perilaku ini sangat bertentangan dengan gambaran perilaku sosial kita. Seringkali kita tertipu hingga membuat perkiraan yang meleset jauh.

  • Peta Sosial

Pergilah ke sebuah tempat umum, terserah mau di pasar(ndeso banget y hihi), di restoran, di mall, atau di tempat rame lainnya. Setelah itu, ambil tempat duduk kosong untuk kamu duduki sambil membawa kertas dan duduklah disitu kemudian, amati orang-orang di sekitarmu(misalnya orang tua, pemuda, olahragawan, programmer, dll) apa yang mereka lakukan?? Dan kerjakan??. Tulislah semua kesan yang anda peroleh dari orang-orang tersebut. Setelah anda selesai, bubuhi gambar bintang pada setiap butir dalam daftar jika Anda merasa mempunyai bukti yang cukup kuat untuk menopang keahlian itu, dan lingkaran untuk butir yang didasarkan pada sedikit bukti. Kemudian ulangi seluruh proses sekurang-kurangnya terhadap tiga orang yang lain. Sewaktu anda mengamati orang dengan lebih teliti dibanding ketika sedang menghadapi kegiatan sehari-hari. Selain itu mungkin Anda akan mengamati jaringan rumit interaksi social yang menciptakan drama manusia-sebagian besar terjadi tanpa kata-kata. Ahli psikologi memperkirakan bahwa komunikasi nonverbal mencakup 60 hingga 90 persen dari semua informasi yang digunakan di antara sesame manusia. Komunikasi ini terdiri atas berbagai perilaku.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s